Selasa, 01 Agustus 2017

Berlibur (Part 2)

Tahun ini merupakan tahunku untuk kembali ke Samarinda.


Song : Vakansi by White Shoes and The Couples Company

Perjalanan kali ini dimulai dengan delay-nya pesawatku selama 1 jam 30 menit. Ini sudah kedua kalinya aku pergi kekota asalku sendiri. (baca: http://baladaakusigigitonggos.blogspot.co.id/2014/08/berlibur.html)

OK dimulai di hari pertama, aku tiba di Bandara Balikpapan sekitar jam 16:00 WITA. Dijemput dengan om dan tenteku memakan waktu kurang lebih 2.5jam sampai dirumahnya. Jadi waktuku cukup tersita sama jalanan Balikpapan – Samarinda yang dikelilingin sama hutan dan bukit-bukit.



Di hari-hari berikutnya aku ada mampir kebeberapa tempat dan tentu aja makan semua makanan yang udah masuk di "LIST WAJIB MAKAN"
Contohnya:

- Ada pentol (baso) goreng yang super yummy karena ditambah bumbu kacang yang super pedes


- Pentol Bakar yang ga kalah enak karena rasa kecapnya yang udah meresap

- Nasi Goreng saus merah dengan rasa khas Kalimantan, ditambah telur ceplok setengah matang, irisan ampela hati dan suiran ayam.



- Pisang Gapit yaitu pisang dibakar setengah matang dan ditambah bumbu yang manisnya pas



- Nasi Kuning yang dijamin akan beda rasanya kalau makan asli dari sana, rasanya bener-bener bikin nagih !



- Bihun putih tanpa kecap tapi soal rasa, Luar Biasa ! ditambah dengan rasa sambelnya yang bikin tambah nikmat.



- Sanggar cempedak yang ga ada duanya !

- Gorengan-gorengan (sanggar, tahu, ote-ote dan untuk-untuk) yang beda karena rasa sambel petisnya yang super bikin kangen




- Nasi campur Bu Sum yang ada di daerah Kinibalu ini, super enak dan bikin kenyang banget !
Lauknya lengkap dan rasa ayam gorengnya sih nikmat banget...


- Ayam goreng banjar dengan 2 macem sambel yang enak banget kalau di gabungin jadi satu. Oh iya khusus yang ini kita disuguhin sama sayur asem khas banjar yang walaupun bening tapi ga kalah sama rasa sayur asem biasanya dan juga sambelan hati ampela yang bikin nambah terus.


- Dan yang paling ditunggu-tunggu adalah SOTO BANJAR yang rasanya mendunia dan salah satu alasan yang bikin pengen kembali lagi ke Samarinda.
Rasa autentik bumbu-bumbu yang diracik jadi satu dan ditambah dengan kuah yang kental, duh bikin kebayang-bayang!


Aku makan di warung Ali Sohor, tempat yang jauh dari kemewahan tetapi soal rasa sih boleh diadu sama restaurant-restaurant masa kini, oh ya harga per porsi sih standard yaa yaitu IDR 25,000 tapi bikin kenyang banget kok.


Ada beberapa makanan yang belum sempet aku makan, contohnya: buras dan es pisang didepan SMPku karena pada saat itu ga ada.

Nah selanjutnya aku akan membahas jalan-jalan kemana aja ya, sebenernya di Samarinda ga banyak tempat-tempat wisata. Tapi yang ga boleh dilewatkan yaitu musium di Tenggarong.
Buat pecinta musium pasti akan jatuh cinta banget sama isi-isi musiumnya. Karena isi sejarahnya yang lengkap banget dan bonusnya kalau abis dari musium bisa ke planetarium yang gedungnya persis disebelah musiumnya.

Sayangnya pas aku ke musium itu, sedang ditutup karena mempersiapkan Erau (via Wiki : https://id.wikipedia.org/wiki/Erau). Jadi aku hanya sempet berfoto didepan gedungnya aja :(





Setelah itu aku sempet keliling kota Tenggarong, dan berakhir di taman tepat di pinggir Sungai Mahakam
- Dari kejauhan keliatan jelas pulau Kumala, Pulau buatan yang bisa dikunjungi untuk sekedar berekreasi bersama keluarga




Lalu mari kita beralih ke tempat-tempat sentimental yang pernah jadi tujuanku di masa lalu
- Ini jalan menuju rumahku dulu, yang membedakan hanya gerbang yang dulu ada sekarang sudah ga ada lagi

- Masjid yang deket banget sama rumahku

- SMP ku dulu yang sudah banyak berubah


- SMK ku yang semakin besar

Sebenernya aku mau kasih liat bekas rumahku dulu, tapi mengingat ini bukan hakku lagi dan menjaga privacy pemilik yang baru jadi ga aku post disini.

Ketika aku lewat didepan bekas rumahku itu, aku sedih ngeliatnya. Sekarang rumah itu sudah bener-bener berubah, ga ada lagi pohon mangga yang kalau berbuah banyak banget.
(baca : http://baladaakusigigitonggos.blogspot.co.id/2010/03/pulang.html )

H-2 sebelum aku balik ke Jakarta, aku mampir ke pusat oleh-oleh yaitu Citra Niaga



- Dompet koin


- Kalung



Jadi kurang lebih seperti ini isi liburanku waktu kemarin di Samarinda...
Percaya ga percaya, selama 1 minggu setelah kembali ke Jakarta, perasaan rindu terbayang-banyang kota Samarinda sulit dihilangkan.

Semoga aku bisa kembali lagi kesana :)

p. s; Terima kasih untuk om tante sepupu-sepupu kecil, geng lampion, guru-guru SMK 3, Geng the Ontonkz, dan kawan-kawan yang membuat betah disana. 

Sampai Jumpa lagi... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar