Kamis, 12 Agustus 2010

Ramadhan oh Ramadhan

Bulan Ramadhan telah datang...
Kerinduanku akan segera pulang pun semakin besar. Sudah dapat aku bayangkan bagaimana suasana bulan Ramadhan di kota yang telah lama aku tinggalkan, hanya untuk mencari penghasilan di kota besar.

Bagaimana ketika sahur, ketika matahari masih berselimutkan gelap tetapi tetap ramai dengan teriakan-teriakan halus anak kecil untuk membangunkan sahur. Dengan semangat mereka yang berkeliling melewati rumah ke rumah dengan tujuan akhir masjid. Semangat mereka menularkanku untuk sahur dalam keadaan ikhlas. Hal ini sangat terasa berbeda sekali di kota dimana aku berada sekarang, Aku diharuskan untuk terjaga sendiri jika ingin sahur, yang membuatku terkadang merasa enggan untuk melakukannya.
Berbeda pula ketika berbuka, suara mengaji sebagai awal sebelum suara adzan dikumandangkan untuk berbuka yang terdengar sampai kerumahku, membuat suasana semakin khusyuk. Dan dengan rasa kekeluargaan yang masih sangat kental, terkadang aku dan tetanggaku saling menukar makanan untuk berbuka.
Setelah itu, kami bersiap untuk melakukan Sholat Tarawih ke masjid. Setiap selesai dari rangkaian sholat, walaupun tidak saling mengenal tetapi kami tidak enggan untuk bersalaman dan tersenyum hangat.
Dan merupakan suatu kebiasaan, aku selalu duduk diteras rumahku memandang bulan dan bintang yang masih terlihat sangat jelas belum ditelan oleh cahaya lampu kota yang terang benderang seperti dikota ini. Dengan aku yang melihat keindahan semua ini, semakin membuatku bertambah bersyukur atas kebesaran tuhan dan telah membuatku mengenal kota ini dengan beribu-ribu kenangan.
Begitu rindunya aku dengan suasana kekeluargaan yang dapat diciptakan disana. Ditambah dengan keadaan yang masih begitu asri membuatku yakin tidak ada hal yang dapat membayar semua hal itu. Ya, aku akan segera pulang...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar