Minggu, 16 Mei 2010

Susah untuk banyak kejujuran

Selama hampir 3 tahun aku tinggal di Kota ini, memang sudah banyak yang bisa di jadiin pelajaran hidup. Tapi hal yang paling aku benci dari semua fase disini adalah semakin gampangnya kita menjadi orang yang munafik. Memang sii dimana-mana pasti selalu ada orang yang munafik, tapi disini lebih banyaknya orang seperti itu, banyak orang yang bersaing dan pura-pura baik.
Sama juga dalam pertemanan, sebenernya aku pengen kalau misalnya dengan sesama teman bisa jujur. Waktu zaman-zaman SMA dulu aku bisa dengan jujurnya ngomong dengan temanku kalau misalnya aku ngga suka dengan sikap atau sifatnya (tapi dengan bahasa yang ngga menyinggung juga ya). Dan temanku bisa dengan jujurnya juga ngomong sifat atau sikap apa yang ngga disukain dari aku, dan bahkan kita bisa sampai nangis bareng kalau lagi intropeksi diri karena waktu itu aku dalam satu kelompok ada 6 orang. Jadi masing-masing saling jujur. Itu yang ngebuat kita jadi lebih deket dari pada kelompok yang lainnya.
Tapi ko sekarang aku ngerasa yaa, ngga terlalu ada kejujuran dalam pertemanan. Aku berusaha jujur dengan temanku, tapi temanku ngga jujur. Sebenarnya aku ngga nyalahin juga dengan sikap yang begitu, mungkin temanku punya alasan sendiri juga ya. Tapi aku jadi sedih aja kalau misalnya ada masalah karena kita ngga jujur yang ada jadi langsung ngejauhin masing-masing. Padahal aku sudah temanan hampir 3 tahun jugakan. Aku jadi mikir memang beginikah cara berteman disini atau bagaimana ya. Terus mau sampai kapan kita selalu lebih baik menyimpan kebohongan.
Makanya kadang-kadang kalau aku marah atau ada tersinggung dengan teman dekatku, biasanya kalau ngga bisa jujur secara personal, aku bisa sms’in aja.hehe
Memang si kaya pengecut cuma beraninya sms, tapi menurutku itu lebih baik daripada ngga sama sekali. Ngga Cuma kalau lagi marah aja, tapi aku juga bakal sms temenku kalau misalnya ada sikapku yang nyebelin.
Kaya baru-baru ini, akukan jalan-jalan nonton serombongan, karena temanku yang ikut lumayan banyak jadi kita misahin jadi 2 kelompok. Tapi aku jadi ngerasa kalau hal itu malah ngebuat kita semua ngga asik. Makanya sampai rumah aku sms teman-temanku. Yah isinya ngga usah panjang-panjang, cukup sms aja “maaf yaaa” kan mereka pasti reply sms kita. Baru deh aku jelasin, kalau aku minta maaf karena ngga asik tadi, aku tau ini bukan juga salahku tapi dengan begini kan kita jadi bisa saling share. Akhirnya temanku juga jujur kalau dia ngga terlalu ngerasa asik sama jalan-jalannya. Kalau udah begitu aku pasti jadi lega. Jadi memang bersikap jujur itu lebih baik ya, daripada kita keseringan ngomongin orang dari belakang. Aku juga ngga selalu bener sii, makanya selalu aja ngomong apa adanya kalau lagi ada masalah atau apapun, tapi tetap dengan menjaga perasaan orang lain.
Dengan bersikap begini sii, aku selalu beharap tetap bisa jadi nad yang dulu. Yang berusaha jujur dengan orang sekeliling. Ngga karena pindah kesini, aku langsung berubah. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar