Kamis, 13 Mei 2010

Mapala goes to Baduy




Pertama terimakasih untuk semua anak Mapala FTI (Mahasiswa Pecinta Alam Fakultas Tekhnik Informatika) yang asik, baik bangetbanget waktu di Baduy kemaren-kemaren walaupun nadya cuma bedua dari Fikom. Jadi kemaren-kemaren aku sempet ikut baksos anak-anak mapala ke Baduy, aku pikir aku bakal dicuekin dan diasingkan sampai mereka ngga sadar kalau aku ketinggalan di Baduy. Dan ternyata itu pikiran YANG SANGAT AMAT SALAH dan BERLEBIHAN. Mereka baik-baik banget, kita semua becanda-becanda kaya udah kenal aja, padahal baru kenal. Dan kerennya mereka ngga sungkan-sungkan bantuin aku naik gunung dan turun lembah dengan ikhlasnya. Pokoknya mereka sangat perduli teman deh. O ya ada beberapa hal yang menjadi pelajaran seumur hidup dari baduy : Yang pertama mereka hidup non teknologi dan listrik, jadi kalau malam mereka hidup dengan kawasan Super Duper gelap, cuma di rumah mereka aja yang memakai lampu minyak. Jujur ya selama beberapa hari disana dengan tanpa adanya listrik yang ngebuat keadaan jadi gelap gulita ngebuat aku jadi sadar aku ngga bakal bisa hidup sehebat mereka. Kompor pun masih pake kayu bakar, jadi kalau mau masak jadi agak lebih lama. Dan yang pasti ngga ada tv, radio, komputer dan internet. Aku aja kalau sehari ngga nontn tv pasti ngerasa ketinggalan banget. Apalagi mereka ya, dan lagi jadi kalau malam hiburan mereka apa donk ya. Jadi selama disana aku sama teman-teman jadi ngerasa minim hiburan sampai-sampai kami pada mainan zaman dulu yaitu ‘ABC ada 5 dasar” dari nama-nama kota, negara, sampai hewan..Lucu juga sii, kita jadi bisa nginget yang dulu-dulu..hehe Yang Kedua kamar mandi mereka sangat amat ajaib, kamar mandi yang terpisah dengan rumah, jadi kalau mau kekamar mandi harus keluar rumah dulu belum lagi kamar mandi yang ngga ada penerangan selain penerangan remang-remang dari lampu minyak, dan lagi kamar mandi buat BAB beda dengan kamar mandi biasa. Ada lagi yang lebih parahnya, ada 1 kamar mandinya yang sama sekali ngga ada pintunya. Gara-gara itu ada deh cerita lucunya, jadikan temanku yang namanya sebut saja bokir (untuk menyelamatkan reputasinya) dia mandi di kamar mandi yang ngga ada pintunya, dan jadi dia sukses jadi tontonan seru orang-orang baduy..hahhahaha agak heran juga sii kenapa juga orang mandi malah ditontonin, untung aja temanku itu cuek akud. Jadi dia ngga perduli. Apalgi kamar mandi yang didaerah Baduy dalam, kita bisa menyebutnya alam terbuka, karena mereka ngga punya kamar mandi, jadi mereka kalau mau mandi dan segala macamnya mesti kesungai. Yang ketiga dari segi makanan. Selama 3 hari 2 malam menu makanan yang disajikan adalah mie instant mekar (yang jujur aku sendiri benci banget), ikan asin (awalnya aku suka tapi sekarang jadinya ngga) dan nasi putih (nasi yang sangat amat susah ditelan). Dari situ juga sii belajar paham ama kondisi, dan bisa ngebuat kita berpikir juga mereka dengan menu yang itu-itu aja bisa terima dan ngga mengeluh. Tetapi mungkin karena aku yang terbiasa ada beberapa pilihan, jadi kurang bisa terima juga. Dan pasca menu makan yang diulang-ulang itu, waktu pulang aku jadi puas-puasin makan sayuran, daging-dagingan dan sementara waktu menjauhi mie instant dan ikan asin. Yang keempat dari segi kehidupan sosial, yang aku bener-bener dapet pelajaran sii, waktu di Baduy dalam. Pagi-pagi banget yang perempuan pergi rame-rame kelumbung padi dan rame-rame juga numbuk padi biar jadi beras. Dan ngga cuma perempuan dewasa tetapi anak kecilnya yang perempuan juga. Aku jadi agak malu pas bangun udah agak siangan. Apalagi bangunnya karena ayam ngga berhenti berkokok di bawah rumah (karena rumah mereka, rumah panggung). Dan ngga cuma itu, pokoknya kalau sehabis magrib, mereka semua sudah masuk kerumah masing-masing, jadi sudah sepiiii banget. Dan ada lagi yang ngebuat aku ngerasa mereka hebad sekaligus ngeri, anak lelaki yang masih kecil juga sudah dikasi golok dalam ukuran kecil. Kaya salah satu anak lelaki yang masih kecil yang namanya Sapri kira-kira umur 3 tahun dia sudah dikasih golok kecil sama bapaknya, pas ditanya buat apa. Bapaknya bilang kalau itu biar sapri bisa belajar berladang dan bisa lebih mandiri. Dan bapaknya meyakinkan kalau golok itu ngga akan dibuat berantem. Hebat ya, coba aja anak kecil kota dikasih golok, yang ada malah Berbahaya. Banyak lagi sii pelajaran yang bisa diambil dari pengalaman kesana, ditambah aku baru ngerasain 4 jam lebih naik turun gunung jalan kaki. Dan hasilnya sampai aku balik lagi ke Jakarta kakiku rasanya mau copot, begitu juga badanku, dan jadi sakit demam gitu...hahhaha tapi hal ini ngga bikin aku kapok ko. Aku malah bersyukur banget bisa ikutan acara begini. Ditambah lagi aku punya banyak teman baru..hehhe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar